Feb 2, 2008

Arirang vs TVRI

Hari ini gw lagi bete abis ama yang namanya sepeda motor, becak, sama bemo-bemo. Yak, memang keliatan tidak elite sekali bete-nya. Tapi mau gimana lagi, emang 3 tipe kendaraan khas Indonesia itu kayaknya merasa kalo mereka yang punya jalan. Udah jalannya suka sengaja dilambat-lambatin, belum lagi mereka lambat-lambatnya ditengah jalan. Kendaraan lain mana bisa lewat!!huhuhu....sebel.sebel.sebel.sebel.
Anyway, udah lama benernya gw pengen nulis entry tentang ini. (bukan soal bemo, becak, dan saudara-saudaranya.) Cuman kayaknya dulu itu tertunda terus makanya gw jadi lupa.hahaha
Sejak beberapa semester lalu, gw jadi mulai suka sama yang namanya marketing. Yes, marketing alias pemasaran. Padahal jurusan gw Ilmu Komunikasi tapi malah jatuh cinta ama marketing.ahak-ahak
Jadi dari ketertarikan gw, gw jadi cari tau banyak, banyak baca, banyak-banyak lainnya soal marketing. Dan ada satu hal yang notice tentang bagaimana suatu negara me-marketing-kan negaranya ketika gw sering lihat stasiun TV nasional milik Korea, Arirang. Arirang, kalo gw biasanya nyebut itu channel sebagai stasiun nasional gaul. Macam acara-acara tuh bener-bener dikemas dalam bentuk yang membuat orang pengen ke Korea dengan sangat dan banget. (salah satu korbannya adalah saya, of course.huhuhuu..pengen ke Korea.......T.T). Belum lagi bahasa pengantar keseluruhan acara-acara di Arirang adalaha bahasa Inggris. Mereka melakukan itu supaya orang-orang luar negeri juga bisa paham ama acara-acaranya Arirang. Buat yang nggak bisa bahasa Inggris? Tenang saja....Arirang punya jadwal khusus yang bahasa pengantar untuk acara-acaranya itu macem-macem. Mulai bahasa spanyol, Arab, dll. *sok iklan*
Gw sih fokusnya pertama bukan buat mempromosikan Arirang dan Korea, cuman ngga tau kenapa kok kayaknya tulisan gw jadi mengarah kesitu.hauhuahuahua
Dari situ, gw tiba-tiba jadi bandingin Arirang sama TVRI. Kalo ada yang keterlaluan nggak tau apa itu TVRI, TVRI itu adalah stasiun TV milik Indonesia saudara-saudara.
Kalo gw begitu terkagum-kagum ama Arirang yang emang bener-bener sarana marketing yang inovatif banget buat ukuran sebuah negara, sebaliknya gw mendadak ga mood ngeliat TVRI. Hal paling utama dan terutama adalah soal appearance. Nggak tau emang TV gw yang salah ato emang dari situnya kayak gitu, tapi yang pasti gw ngeliat TVRI itu pasti ngeliat banyak banget semut. Nggak bisa jelas gitu maksudnya...Siapa juga yang mau nonton acara yang banyak semutnya. huhu
Selain itu kualitas acara di TVRI tuh juga nggak ada yang membuat para turis ato wisatawan luar negeri pengen dateng ke Indonesia. Bahkan gw meragukan kalo banyak orang Indonesia yang nonton acara-acara di TVRI yang kebanyakan isinya ludruk, srimulat lokal, ama drama-drama paling ga jelas yang pernah gw liat.
Padahal, kalau diliat-liat Indonesia ini memang bener-bener kaya akan sumber daya alam, kebudayaan, ama keindahan pemandangannya. Sayang banget kalo semua itu nggak diungkap ke dunia luar melalui sarana marketing yang tepat seperti yang dilakukan Korea.

All in all, kemaren gw baru aja nonton Stardust, film surealis yang udah gw cinta sejak gw denger OST-nya by Take That - Rule The World. Apalagi review di koran bilang kalo film ini bagus , perpaduan antara film petualangan, drama, dan komedi yang pas banget.
Dan gw setuju ama Yvanne, si bintang jatuh yang jatuh ke bumi berupa manusia. Saat dia jatuh cinta ama Tristan, (yang saat itu sedang dalam rangka membuktikan cintanya pada cewek bernama Victoria-dengan membawa si bintang jatuh) dia bilang kalo benernya nggak perlu pake acara bawa bulan lah, bintang jatuh lah, matahari lah buat membuktikan cinta.
All you have to do is simply giving your heart, and hoping the same thing in return.
(so stupid of Victoria. Tristan is a good man. And cute. =P)
Love is that simple.
No need anything.
Just two hearts given by each other, for each other, and only for each other.

1 comment:

Chae.hee723 said...

iya . aku juga setuju banget . anyway . tau gak jadwalnya pops in seoul . abis aku telat mulu . padahal mau liat isak . hhw~