Jan 28, 2008

Everything Happen for His Reason

I loveee to read. Membaca, walaupun buat sebagian orang itu kayak obat tidur, tapi buat gw membaca itu jendela pengetahuan. Gw baca apa aja yang bisa dibaca. Majalah, buku novel, komik, sampe brosur-brosur yang gw kebetulan temuin di meja. hauhauhau
Anyway, dua hari yang lalu gw lagi nganggur dan lagi iseng bongkar-bongkar lemari gw. And I found this great book, according to a lot of people said it so, Rick Warren’s The Purpose Driven Life - What on Earth Am I Here For?
Buku ini adalah buku yang didasari Alkitab- kitab suci umat Kristiani, kalo ada yang tidak tahu. Dalam buku ini, Rick Warren mengajak pembacanya untuk mencari apa tujuan kita manusia ada di dunia ini. Bukan cuman tentang apa goal, cita-cita, harapan hidup kita. Rick Warren mengajak pembacanya buat mengerti apa tujuan Tuhan dalam menciptakan kita, manusia di dunia.
Buku ini benernya adalah hadiah ultah gw dari Edric ma Agre dua tahun lalu. Gw masih inget Edric ngasih buku ini ke gw pas tanggal 14 Februari, waktu gw ma temen-temen gw yang lain mau dinner rame-rame di Tomodachi Café. Gw emang lagi pengen buku ini, apalagi pas itu semua orang lagi heboh ngomongin buku ini. Makanya gw seneng banget pas Edric ma Agre ngasih buku ini yang english textbook pula (Waktu itu masalah kesulitan menerjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah prioritas terakhir. Yang penting dapet dulu.huahauhau)
Udah jadi kebiasaan buat gw kalo baca buku udah nggak pake baca prolog ato kata pengantar penulisnya dulu. Jadi biasanya gw langsung baca bab 1-nya gitu. Begitu juga pas gw mau baca buku ini. Gw langsung aja baca bab 1, begitu bab 1 selesai yah gw lanjutin ke bab 2 dan begitu seterusnya.
Endingnya? Sampe bab ke 14, gw udah nggak nerusin lagi sampe dua hari yang lalu pas gw bongkar-bongkar lemari gw. hauahuhauau .Bayangin aja gw harus baca buku English textbook sebanyak 319 halaman berhari-hari.huhuhu…

Dan berhubung selama liburan ini tingkat kengangguran gw lebih tinggi daripada pas kuliah, jadi dengan senang hati gw malah baca tuh buku dari halaman paling depan sendiri termasuk kata pengantar dari Rick Warren.
And you know what, ternyata disana Rick Warren bilang kalo buku ini sengaja dibagi per bab sebanyak 40 bab, supaya para pembacanya membaca tuh buku secara per bab setiap harinya selama 40 hari. (Bagus sekali, pantes aja gw udah desperate-desperate pas gw baca tuh buku beberapa chapter dalam sehari.huhuhu) Rick Warren said that the Bible is clear that God considers 40 days a spiritually significant time period. Whenever He wanted to prepare someone for his purpose, he took 40 days. Noah yang harus terombang ambing di dalam kapal selama 40 hari, Musa yang diubah selama 40 hari di gunung Sinai, dan lain-lain.
Ok, inilah gw di hari yang ketiga mencoba memulai 40 spiritually days, berharap buku ini bener-bener membawa hasil. Paling nggak, gw berharap at the end, gw bisa bener-bener menemukan apa tujuan gw ada di dunia ini dan semoga itu juga bisa membawa kebaikan bagi orang lain.
Selama dua hari sejak gw mulai baca per bab nih buku, gw sudah mulai menemukan hal-hal yang membuat gw lebih ikhlas, rela, lebih bisa bersyukur untuk setiap peristiwa atau apapun yang udah gw dapet saat ini. Rick Warren bilang di bab pertama kalo kehadiran kita ato gw untuk lebih spesifiknya di dunia bukan karena kebetulan. (I try to write something not too Bible. Don’t worry, it’s not a preach.hehe) Tapi Tuhan di lain sisi, gw diciptakan dengan segala apa yang ada di gw, dengan tujuan…with His Purpose.

“From one man He made every nation….and He determined the times set for them and the exact places where they should live.”

Dari dulu, gw percaya kalo semua peristiwa di dunia ini sudah direncanakan, bahkan sebelum gw dilahirkan. Gw percaya kalo apa yang gw alami bukan suatu kebetulan belaka. But I believe that God allow me to have that experience, in order to make something bigger in my life.
Contoh yang paling ga bisa gw lupa adalah pas gw masuk SMA. Waktu itu OSIS SMA gw lagi buka lowongan jadi pengurusnya. Gw sih ga tertarik sama sekali untuk ikut OSIS. Tapi Dewi, temen sekelas gw mohon-mohon ma gw buat ikut ngisi formulir gitu dan gw masih nggak tertarik. Sampai pada akhirnya si Dewi yang ngisiin formulir jadi pengurus OSIS gw. Setelah ikut interview (yang gw juga ga ada persiapan sama sekali) dan tes-tes lainnya, gw masih tenang-tenang aja. Gw waktu itu malah mikir kalo gw ga bakal keterima saking ga niatnya gw ikut tes dan interview. Tapi pas pengumuman pengurus OSIS yang baru diumumin, bukannya Dewi yang udah heboh pengen masuk OSIS yang diterima, tapi malah gw yang diterima. Dewi cuman jadi cadangan dan harus ikut tes,dll lagi. *jadi ngerasa ga enak,hhuhuhu*
Tapi akhirnya si Dewi juga jadi pengurus kok. hehehe...Lebih lucunya lagi, senior gw di OSIS ngaku setelah itu kalo ada kesalahan pas proses seleksi. Gw dikira bernama Dewi, dan Dewi disangka gw. Hebat banget...ckckck
Singkat cerita, kehadiran gw di OSIS ternyata menjadi penolong gw di masa-masa SMA gw selanjutnya. Dari lahir, gw emang paling ga bisa kalo disuruh deal ama 3 mata pelajaran paling gw benci di seluruh dunia, MAFIA alias matematika, fisika, ama kimia. Pokoknya segala sesuatu yang berhubungan ama itung-itungan gitu, gw pasti mampus. Tapi waktu gw kelas 2 SMA, sekolah gw udah masuk penjurusan ke IPA ato IPS gitu. dan of course tanpa harus diperdebatkan lagi, gw masuk IPS.hehehehehe...Masuk di kelas IPS-pun gw masih harus berurusan ama yang namanya Akuntansi. huhuhuhu Artinya gw masih belum selamet lolos dari jerat itung-itungan. Apalagi pas kelas 2 itu, gw jadi senior di OSIS. Jadi otomatis beban dan tanggungjawab gw semakin gede Gw terpaksa (ato dengan senang hati?hahahaa) lebih mengorbankan pelajaran gw ketimbang OSIS. ahak-ahak
Dengan nilai gw yang ancur-ancuran akibat serng gw tinggal ngurusin proposal dan laporan OSIS, secara logika nilai-nilai gw tersebut nggak mungkin mencapai 75, standar kelulusan tiap mata pelajaran di sekolah gw. Dan gw takut banget pas itu, soalnya banyak banget temen-temen gw seluruh kelas 2 yang nggak naik kelas. Gw inget banget suasananya, persis kayak suasana pembantaian massal.huhuhuhu
Gw udah denger tuh kabar pembantaian pas gw di mobil. Davin telpon gw tanya gimana nasib gw sementara dia cerita siapa aja temen sekelas gw yang jadi korban alias nggak naik kelas. Oh God..gw udah keringet dingin banget. Nggak lucu kalo gw nggak naik kelas...It’s like the worst nightmare in my history.huhuhu...no way gw sampe nggak naik kelas. TAPI...hahahahaha...sekali lagi Tuhan itu emang super baik. Keajaiban yang nggak masuk diakal terjadi.
Secara logika, nilai ekonomi gw nggak mungkin sampe ke angka 75. Karena gw jarang ada dikelas, jarang dapet nilai bagus juga. Tapi pas gw ambil tuh rapor bareng mama, nilai ekonomi gw jadi 94. Yes...it’s a 94. Sebuah nilai yang nggak masuk akal, tapi terjadi. Berkat nilai maha tingi itu tadi, gw bisa naik kelas dan sekarang bisa kuliah tepat waktu.ahhahahuahuah
Hikmahnya? Kalo gw ga masuk OSIS, mungkin gw ga bakal jadi mahasiswi semester 6 UK Petra Surabaya.hyahya..So Thanks God...really.

Karena persitiwa itu gw jadi percaya kalo semua peristiwa, baik ato buruk yang terjadi ama gw, itu terjadi karena ada ijin dari Tuhan. Dia yang mengijinkan, Dia yang tidak mengijinkan. Ada kalanya gw bahagia karena suatu hal, tapi ada kalanya gw sedih dan nggak rela kehilangan. Tapi balik lagi, gw percaya kalo semua itu ada waktunya. Semua peristiwa itu terjadi karena ada ijinNya. Dia yang memberi, Dia yang mengambil.
Dari situ gw belajar untuk bersyukur untuk semua yang udah gw terima. Dari situ juga gw belajar untuk merelakan apa yang tidak bisa gw miliki. Ternyata merelakan secara ikhlas adalah kunci untuk berdamai dengan diri sendiri. Memang susah buat merelakan dengan ikhlas. It takes time, it takes pain, and it hurts. Tapi begitu kita sudah bisa melakukannya, segalanya akan berubah jadi lebih baik. Still, I need to thank God for everything I have right now.

I like to quote some words from this book, written by Russell Kelfer:
You are who you are for a reason.
You’re part of an intricate plan.
You are a precious and perfect unique design,
Called God’s special woman and man.

You look like you look for a reason.
Our God made no mistake.
He knit you together within the womb,
You are just what he wanted to make.

The parents you had were the ones he chose,
And no matter how you may feel,
They were custom designed with God’s plan in mind,
And they bear the Master’s seal.

No, that trauma you faced was not easy.
And God wept that it hurt you so;
But it was allowed to shape your heart
So that into his likeness you’d grow.

You are who you are for a reason,
You’ve been formed by the Master’s rod.
You are who you are, beloved,
Because there is a God!!

Oyea…I really want to speak these words out:
If love is hanging in the sky,
And I have a pair of wings,

So now I am ready to fly……. =D







No comments: