Jun 14, 2008

Angkhot

Hari ini adalah hari sabtu. Dan sabtu minggu ini merupakan hari sabtu paling kelabu dan sekaligus paling melas dalam sejarah kehidupan saya. Penyebabnya cuman satu. Angkot. Kalau di bahasa Thailand-kan jadinya angkhot. hauhauhauhauahuahauhau.
Hari ini kelas Not for Profit PR gw lagi merealisasikan project kelas yang menang tender pas presentasi beberapa minggu lalu. Project yang dilaksanakan sekelas 50 orangan ini temanya adalah Little Heart, yang diselenggarakan di Yayasan Pondok Kasih. Nah karena tiap kali pertemuan rapat gw-nya nggak pernah dateng dan datengpun gw ikutnya cuman sebentar doank, jadi otomatis gw nggak ngerti apa-apa soal itu project. Gw cuman tanya-tanya dari temen-temen gw yang ikutan rapat.
Nah dari yang gw denger dari temen-temen gw, ini kegiatan dilaksanakan di sekolah milik Yayasan Pondok Kasih. Lokasinya ada di Keputih, bekas TPS di Surabaya. Gw, ga pernah tahu dimana Keputih. Dan dari yang dibilang ama anak-anak, di Keputih itu rawan, jadi jangan bawa barang aneh-aneh. Karena daerah itu rawan, kita nggak boleh keliatan mencolok. Karena kita ga boleh keliatan mencolok, jadinya kita semua berangkat dan pulangnya naik angkhot.
".........................."
Dari hasil rapat itu, imaginasi gw ama temen-temen gw jadi kagak karuan. Gw sama yang lain udah mikir yang enggak-enggak. Pertamanya nggak ada yang bilang ke gw kalau kegiatannya itu dilaksanakan di sekolah. Dalam bayangan gw, kegiatan ini dilaksanakan di ruang terbuka gitu, deket tempat pembuangan sampah, banyak rampok-rampok siap ngerampok, anak-anak kecil rebutan dengan sadis, and so on lah. Jadi tadi pas gw berangkat ke kampus, gw bener-bener ga bawa apa-apa. Cuman HP CDMA dan uang 10 ribu di kantong. huhuhu. Rambut dikuncir, nggak usah macem-macem, pokoknya jangan mencolok. Oh God.. gw udah kayak mau pergi ke pedalaman Irian Barat aja. Sampai di kampus, semua udah pada masuk angkhot masing-masing. Seumur hidup baru sekali ini gw naik angkhot. Yang hebat, angkhot gw adalah angkhot pertama yang berangkat. Dan guess what, angkhot gw adalah angkhot yang terkakhir yang sampai di tujuan. Gw ga tau deh dimana salahnya.
Pas udah sampai, gw ama Nita kebagian jaga pos 3. Jadi tuh anak-anak ntar disuruh rally ke pos-pos, dan di tiap pos ada game-nya. Gw ama Nita kebagian game puzzle. Ini puzzle bukan puzzle biasa. Puzzle-nya berasal dari gambar hasil print yang dilaminasi gitu, terus digunting sesuka hati. Jadi bukan puzzle yang bentuknya steady gitu, yang ini piece puzzle-nya tidak beraturan bentuknya. Sangat sederhana banget sekali. Pos kita berdua terletak di bagian luar sekolah. Pos yang lainnya ada di taman tengah sekolah. Jadi cuma kita berdua yang ada di taman luar sekolah, bersama ibu-ibu yang nungguin anak-nya, ama mobil-mobil, dan angkhot-angkhot.
Gw ama Nita ga tau berapa kelompok yang bakal dateng ke pos-nya kita. Jadi kita asal duduk, asal nyediain puzzle biar kalau ada anak-anak dateng mereka bisa nyusun, duduk lagi nunggu kelompok berikutnya, nyiapin lagi, dan seterusnya. Hasilnya, gw ma Nita jadi nggak ngerti sudah ada berapa kelompok yang udah dateng ke pos-nya kita. Tapi kita cuek, duduk lagi, sambil nebak kalau masih ada kelompok lain ntar yang bakal dateng.
15 menit sudah berlalu, tapi tuh anak-anak belum dateng juga. Kita masih duduk-duduk sambil dengerin lagu sambil ditemenin angin, angkhot, dan lain-lainnya.
Lalu tiba-tiba si Lele, MC acara pas itu udah mulai ngomong lagi lewat TOA. Kita denger. Gw ngeliat Nita, yang juga bertanya-tanya ama gw. Gw langsung ringkes tuh puzzle gajebo (ga jelas bo) terus masuk. Yak, bagus, ternyata di dalem udah sepi, mereka pada masuk ke aula atas, dan tinggal kita berdua yang ketinggalan di luar. Terima kasih yah teman-teman. Kalian sangat-sangat melupakan kami. hauhauhauahuahuahuahau.
Gw jadi curiga, jangan-jangan nih panitia sengaja nyomot kita berdua karena dianggap paling tidak niat sedunia buat ditaruh di luar, dikasih tugas pos paling gampang (suer, pos-pos yang lain tuh semuanya keliatan seru-seru), dan sengaja ditinggalin gitu aja di luar. ahakahakahak..of course itu cuman imaginasi gw aja. hahaha... I know they don't have that thought.
Tapi apapun tugas yang dberikan buat gw, setidak suka apapun gw sama tugas itu, harus gw laksanakan dengan baik dan dengan sepenuh hati. Learn to have a heart like a servant for God.
And a servant doesn't choose his/her task by him/herself. But they simply do the best whatever the task is.
Overall, hari ini adalah hari paling melas of the month gw, tapi sekaligus hari paling tidak terlupakan yang akan gw kenang sampai nanti jadi kakhek dan nenekh.
And oh..God is good, really.
p.s: film The Happening? film jayus tingkat tinggi. Kayaknya Mark Walberg salah terima tawaran peran deh. Dia disini, no keren at all.

No comments: